Perbedaan Master Rem Radial Dan Axial Motor

Master rem radial - pada sistem rem hidrolik pada sepeda motor tentunya kita akan menemukan istilah menyerupai master rem, kaliper rem, selang hidrolik rem dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan fokus membahas mengenai penggalan master rem nya saja.

Setidaknya kita mengenal 2 type master rem yang ada pada sistem rem hidrolis sepeda motor yakni master rem type radial dan master rem type Axial. Dari kedua type master rem diatas, yang paling sering diaplikasikan dan kita lihat sehari - hari pada sepeda motor kita yakni yang type "Axial", sedangkan master rem Radial biasanya secara bawaan diaplikasikan pada kendaraan moge atau superbike.

 pada sistem rem hidrolik pada sepeda motor tentunya kita akan menemukan istilah menyerupai ma Perbedaan Master Rem Radial Dan Axial Motor
Ducati 999 monoposto 

Perbedaan master rem Radial dan Non radial

Perbedaan yang paling mencolok diantara keduanya yakni terletak pada posisi penempatan piston rem. Pada master rem type radial posisi piston berada di penggalan belakang dari tuas rem, sedangkan pada mastre rem Axial posisi piston rem berada di penggalan samping tuas rem. Agar kalian lebih paham perbedaannya silahkan lihat gambar yang kami sediakan dibawah ini.

 pada sistem rem hidrolik pada sepeda motor tentunya kita akan menemukan istilah menyerupai ma Perbedaan Master Rem Radial Dan Axial Motor

Karena adanya perbedaan pada posisi piston, maka daya tekan antar keduanya pun juga berbeda sehingga dampak pengereman juga alhasil berbeda pula. Pada master rem axial dimana posisi piston berada di penggalan samping tuas rem, saat tuas rem ditarik besar kemungkinan daya yang terbuang lebih besar dibandingkan dengan master rem radial.

Berbeda dengan master rem radial yang posisi piston rem berada tepat di penggalan belakang tuas rem, dimana gerakannya menjadi searah dengan gerakan tuas rem, sehingga saat tuas rem ditarik akan menghasilkan daya tekan yang lebih besar.

Karena hasil pengereman pada master rem type radial ini lebih maksimal dibandingkan dengan yang type axial, maka motor yang berkapasitas besar wajib menggunakan master rem model ini. Bila kalian sedikit memperhatikan motor moge, hampir seluruhnya menggunakan master rem jenis radial.

Baca juga : Nih fungsi dari lubang yang ada di rem cakram motor

Nah semoga sedikit berita diatas dapan bermanfaat buat kalian.





Sumber https://otomotiveku.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Karpet Dasar Kendaraan Beroda Empat ?

Cara Mengatasi Tarikan Mio J Lemot

Benang Tambal Ban Tubeless Terbaik