Motor Matic Mati Mendadak, Ini Cara Mengatasi Tanpa Harus Ke Bengkel

 ini cara mengatasi tanpa harus ke bengkel Motor matic mati mendadak Motor Matic Mati Mendadak, Ini Cara Mengatasi Tanpa Harus Ke Bengkel

Motor matic mati mendadak, ini cara mengatasi tanpa harus ke bengkel. Cara mengatasi motor matik mati mendadak, bagi anda yang pernah mengalami motor matik anda dikala jalan dengan lancar tau tau si matik mendadak mogok hadeuuuh mana siang siang panas dan gak da hujan tau atau mati mana untuk di hidupkan lagi susah sekali.
Untuk teman biker dikala mengalami ini tidak usah panik ya kalian mampu mengikuti tips dari admin yg sederhana. Semoga mampu membantu.

Pertama kita harus tau penyebab umum motor matik mendadak biasanya menurut para jago dikarenakan adanya kerak yang 

mengganjal di klep sehingga mengakibatkan kompresi atau pemadatan gabungan bahan bakar dan udara tidak terjadi.

Tetapi kita juga harus tau bahwa memang motor matik mogok alasannya compresinya bocor adalah semua kelistrikan, klakson, 

lampu, lampu sein berfungsi dengan baik, itu menerangkan batery/ aki motor kita tidak bermasalah.

Karena ada motor matik dengan sisten one phase dan two phase ( ini dijelaskan nanti ya kalau ada kesempatan lagi).

Intinya ada motor matik yang kalau akinya bermasalah ia tidak mampu hidup.

Tetapi tips dan trik kali ini adalah motor matik mogok di karenakan  kebocoran kompresi di head cylinder.

Ok langsung kita lihat cara penanganya

1. Jika tiba tiba motor mati mendadak jangan membejek gas dan starter terus menerus, alasannya mampu menurunka / menghabiska  daya aki  sehingga akan lebih sulit untuk menghidupkan motor kita.

2.  Pinggirkan sepeda motor kita ketempat aman dan adem.

3.  Cobalah menggunakan kick stater. Selah berulang kali dengan besar lengan berkuasa sampai terasa di selah mulai rada berat. Ini berfungsi dengan 

harapan bahwa kotoran yang mengganjal akan terbuang ke pembuangan  dan klep/valve mampu menutup dengan rapat kembali setelah kotoran atau kerak menyingkir.

4. Jika di rasa selahan kita mulai terasa berat kita teruskan dengan 
menggunakan starter dengan catatan daya aki masih bgs itulah 

kenapa di awal saya ingatkan jangan membuang energi  aki dengan menekan stater terus menerus.

5.  Biasanya setelah tahap 4 motor akan mulai berasa mau hidup   teruskan stater terus sampai hidup.

6.  Jika masih tidak mampu hidup juga cobalah buka busi semprotkan oli / masukan oli pada lubang busi lalu sumpal dengan jari lubang 

busi sambil di selah sampai kita mampu merasakan ledakan di tangan kita. Catatan matikan  power sepeda motor atau kunci dalam keadaan off. Karena mampu tersetrum jika  posisi on.

7.  Lalu kalau sudah terasa padat kompresi di jari kita pasang busi kembali lalu nyalakan biasanya langkah 6 adalah langkah paling ampuh untuk mengatasi kebocoran kompresi.

Jila masih tidak mampu di hidupkan ada baiknya agan dan sista bawa ke ahlinya atau bengkel terdekat.

Semoga tip dan trik di atas mampu membantu dan bermanfaat. 

Sumber https://idokeren.blogspot.com/
Sumber https://otomotiveku.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Karpet Dasar Kendaraan Beroda Empat ?

Cara Mengatasi Tarikan Mio J Lemot

Benang Tambal Ban Tubeless Terbaik