Bahaya Mobil Menggunakan Gigi Netral Di Turunan

Automotivexist.blogspot.com - aneka macam orang yang membuat mitos abnormal tanpa analisa lebih mendalam, mereka - mereka ini hanya mereka - reka suatu insiden sesuai dengan imajinasi mereka. mirip salah satunya ialah car menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan beroda empat saat kendaraan beroda empat melewati jalanan menurun, yakni dengan menggunakan gigi perseneling netral.

Padahal hal tersebut bukannya menghemat bahan bakar kendaraan, yang ada malah membuat bahaya yakni kendaraan beroda empat sanggup meluncur bebas kebawah, hal ini berbeda sekali bila kita memanfaatkan engine brake pada mesin kendaraan beroda empat saat menuruni tanjakan.

 aneka macam orang yang membuat mitos abnormal tanpa analisa lebih mendalam Bahaya Kendaraan Beroda Empat Memakai Gigi Netral Di Turunan
Ilustrasi kendaraan beroda empat di turunan, image by : says, com


Alasan yang paling menggelikan menurut saya adalah, saat mereka menggunakan perseneling netral di turunan, menurut mereka penggunaan bahan bakar menjadi berkurang karena adanya gaya tarik kebawah saat kendaraan beroda empat berjalan menurun. Padahal kenyataannya baik kendaraan beroda empat itu di posisikan netral maupun dimasukkan gigi rendah saat digunakan "engine brake", selama mesin mobil  tetap menyala, selama itu pula bahan bakar akan tetap diinjeksikan dan dibakar.

Jadi sangat tidak benar bila menggunakan gigi perseneling netral itu sanggup membuat konsumsi bahan bakar menjadi berkurang alias irit, yang ada malah resiko kendaraan beroda empat meluncur dan terjadi kecelakaan menanti didepan mata. Semakin cepat kendaraan beroda empat meluncur diturunan, maka resiko mesin mengalami over running semakin besar.

Bukankah ada rem untuk mengantisipasi semoga kendaraan beroda empat tidak meluncur kebawah ? Ya rem memang difungsikan untuk menahan semoga kendaraan beroda empat tidak meluncur saat melewati jalanan turunan bilamana kalian memang memilih menggunakan gigi netral, namun tahukah kalian bahwa piston rem bila terlalu sering digunakan sanggup mengalami overheat. Saat piston rem ini overheat yang terjadi selanjutnya ialah rem menjadi blong, jika sudah begitu yaaa tetap saja kendaraan beroda empat akan pribadi meluncur kebawah.

Memang yang paling aman saat melewati kendaraan beroda empat melewati jalanan yang menurun ialah dengan memanfaatkan engine brake semoga kendaraan beroda empat tidak pribadi meluncur kebawah, karena saat kalian menggunakan engine brake ini, rpm mesin akan menahan putaran roda belakang sehingga nantinya laju kendaraan beroda empat juga mengikuti rpm mesin.

Dalam penggunaan engine brake pun juga ada aturannya tergantung seberapa cepat kendaraan beroda empat tadi meluncur, untuk mengetahui cara penggunaan engine brake sebaiknya kalian baca dua ukiran pena kami yang lain dibawah ini.

  1. Cara menggunakan engine brake pada kendaraan beroda empat yang aman
  2. Pengertian dan bahaya over running pada mesin mobil

Catatan
Artikel diatas ialah untuk kondisi jalanan turunan ekstrim dengan jarak yang jauh / panjang. Bila turunan hanya beberapa meter saja kalian bebas melaksanakan apa saja sesuai dengan skill kalian.

Nah itulah tadi sekelumit ukiran pena kami mengenai bahaya bila kendaraan beroda empat menggunakan perseneling netral saat di turunan, semoga bermanfaat.



Sumber https://otomotiveku.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Karpet Dasar Kendaraan Beroda Empat ?

Cara Mengatasi Tarikan Mio J Lemot

Benang Tambal Ban Tubeless Terbaik