Penyebab Kiprok Motor Rusak
Penyebab kiprok rusak - kiprok atau dalam bahasa teknisnya disebut regulator adalah salah satu komponen penting yang ada pada sepeda motor, alasannya adalah bila kiprok motor ini sampai rusak akan mengakibatkan berbagai problem pada kuda besi kita. Mulai dari lampu - lampu motor yang sering putus, motor jadi susah starter bahkan sampai problem pada sistem pembakaran mesin.
Jika sampai kiprok ini rusak, maka akan mengakibatkan pengisian listrik menuju aki menjadi terganggu alias tidak sanggup mengisi aki dengan baik. Bisa dipastikan jikalau aki tidak terisi dengan baik, sedangkan energi listrik didalamnya tetap digunakan untuk proses pembakaran, lama kelamaan akan habis sehingga motor pun akan mogok di jalan.
Karena menghasilkan panas dikala bekerja inilah kenapa pada serpihan kiprok terdapat kisi kisi / sirip yang digunakan untuk membuang panas. Bila panas yang dihasilkan oleh kiprok tidak sanggup didinginkan dengan baik, tentu saja kiprok akan mengalami overheating dan rusak.
Selain faktor penggunaan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan mempengaruhi tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya jelek pastinya akan simpel sekali rusak.
Nah sedikit tips agar kiprok anda tetap awet, pastikan posisi kiprok tersebut dialiri oleh udara sehingga pendinginan sanggup dimaksimalkan dengan baik. Kemudian jangan sering sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, karena selain sanggup mengakibatkan umur kiprok pendek juga bahaya terhadap keselamatan.
Dan untuk motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya, misalnya menggunakan lampu HID dan semacamnya, sebaiknya ganti kiprok bawaan dengan kiprok yang spesifikasinya lebih diatasnya. Atau sanggup juga di modifikasi kiproknya agar sanggup memenuhi kebutuhan kelistrikan motor setelah dimodifikasi. Semoga bermanfaat.
Sumber https://otomotiveku.blogspot.com/
Fungsi kiprok sepeda motor
Secara teknis fungsi dari kiprok atau regulator ini adalah sebagai pembatas, pengatur dan pembagi sistem kelistrikan pada kendaraan roda dua. Umumnya kiprok ini memiliki 2 buah jalur kelistrikan yakni satu jalur untuk kelistrikan AC yang biasanya disalurkan untuk menyalakan lampu utama ( walaupun dikala ini banyak yang sudah menggunakan jalur DC ), dan sisanya adalah untuk jalur kelistrikan DC yang digunakan untuk pengisian aki, pompa bahan bakar, lampu - lampu kecil mirip lampu sein dan lain sebagainya.Jika sampai kiprok ini rusak, maka akan mengakibatkan pengisian listrik menuju aki menjadi terganggu alias tidak sanggup mengisi aki dengan baik. Bisa dipastikan jikalau aki tidak terisi dengan baik, sedangkan energi listrik didalamnya tetap digunakan untuk proses pembakaran, lama kelamaan akan habis sehingga motor pun akan mogok di jalan.
Baca juga : Yuk mencar ilmu tentang kelistrikan sepeda motor disini
Penyebab kiprok motor rusak
Adapun penyebab kenapa kiprok motor sanggup sampai rusak biasanya dikarenakan kiprok tersebut mengalami overheating. Ketika kiprok motor bekerja mengubah aurs AC menjadi DC tentu saja akan menghasilkan panas. Semakin anda sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, maka kinerja kiprok pun akan semakin berat serta panas yang dihasilkan pun akan semakin tinggi.Karena menghasilkan panas dikala bekerja inilah kenapa pada serpihan kiprok terdapat kisi kisi / sirip yang digunakan untuk membuang panas. Bila panas yang dihasilkan oleh kiprok tidak sanggup didinginkan dengan baik, tentu saja kiprok akan mengalami overheating dan rusak.
Selain faktor penggunaan sepeda motor, kualitas dari kiprok tersebut juga akan mempengaruhi tingkat keawetannya. Kiprok yang kualitasnya jelek pastinya akan simpel sekali rusak.
Baca menarik lainnya : Masalah yang siap mengintai anda jikalau kiprok sampai rusak
Nah sedikit tips agar kiprok anda tetap awet, pastikan posisi kiprok tersebut dialiri oleh udara sehingga pendinginan sanggup dimaksimalkan dengan baik. Kemudian jangan sering sering memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, karena selain sanggup mengakibatkan umur kiprok pendek juga bahaya terhadap keselamatan.
Dan untuk motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya, misalnya menggunakan lampu HID dan semacamnya, sebaiknya ganti kiprok bawaan dengan kiprok yang spesifikasinya lebih diatasnya. Atau sanggup juga di modifikasi kiproknya agar sanggup memenuhi kebutuhan kelistrikan motor setelah dimodifikasi. Semoga bermanfaat.
Sumber https://otomotiveku.blogspot.com/
Comments
Post a Comment