Penyebab Dan Atasi Rem Cakram Motor Keras

Rem cakram motor keras - timbulnya persoalan pada sistem pengereman sepeda motor tentu akan jadi persoalan yang mengkhawatirkan, alasannya ialah sangat beresiko terlibat kecelakaan di jalan raya karena hal ini. Khususnya pada jenis rem cakram, banyak sekali persoalan yang hinggap mulai dari rem yang ngeblong alias tidak pakem, timbul bunyi berisik dikala di rem sampai rem cakram yang keras kerap kali menimpa para pengguna sepeda motor.

 timbulnya persoalan pada sistem pengereman sepeda motor tentu akan jadi persoalan yang mengkhaw Penyebab Dan Atasi Rem Cakram Motor Keras


Lalu apa sih penyebab rem cakram motor terasa keras mirip macet dikala tuas rem ditekan ?

Penyebab kenapa rem cakram terasa keras dikala tuas rem ditekan ini diakibatkan oleh 2 hal, yang pertama ialah pen caliper yang berkarat sehingga kaliper rem tidak sanggup maju mundur, kemudian penyebab rem cakram motor keras selanjutnya disebabkan komponen piston yang bertugas untuk mendorong kampas rem dan menjepit piringan cakram ini macet.

Macetnya pen kaliper ini biasa disebabkan karena kebengkokan ataupun berkarat, sedangkan untuk piston rem cakram sendiri diakibatkan adanya air yang masuk kedalam lapisan karet seal pelindung ( dust boot ) piston yang sudah rusak / berlubang, sehingga air yang menerobos masuk ini dikemudian hari menyebabkan karat.

Baca juga : Tehnik pengereman pada motor yang wajib kamu tahu

Untuk mengatasi hal ini yang perlu kalian lakukan ialah melaksanakan pembongkaran pada cuilan piston rem, kemudian menilik kelurusan pen kaliper serta membersihkannya, menggosok karat yang ada di cuilan piston rem maupun di rumah piston dengan menggunakan amplas halus atau amplas OH sampai karat tadi menghilang dan mengganti karet seal kaliper yang sudah rusak tadi dengan karet seal yang baru.

Setelah penggantian komponen selesai, langkah terakhir ialah melaksanakan bleding minyak rem supaya tidak masuk angin. Untuk melaksanakan bleding ini sebaiknya dilakukan oleh 2 orang supaya alhasil maksimal. Caranya ialah salah orang pertama memainkan tuas rem sembari menambah dan menjaga supaya master atas tidak kehabisan minyak rem. Selanjutnya orang kedua membuka baut nipel yang berada di kaliper rem, hal ini bertujun supaya minyak rem dari master atas terdorong dan keluar melalui baut nipel sampai tidak ada lagi gelembung. Bila sudah tidak ada gelembung, baut nipel sanggup dikeraskan kembali.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan


  • Pastikan tidak ada minyak rem yang mengenai cat motor, alasannya ialah minyak rem ini sifatnya keras dan sangat korosif terhadap cat. Jika cat motor sampai terkena minyak rem, sesegera mungkin bilas dengan air biasa supaya minyak rem tadi terangkat ( minyak rem sanggup menyatu dengan air ).
  • Jika anda bingung dan tidak sanggup melakukannya sendiri dirumah, sebaiknya serahkan ke bengkel langganan anda untuk penanganan yang lebih baik.


Baca juga : Nih penjelasan kenapa rem cakram floating didesain agak oblak




Sumber https://otomotiveku.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Karpet Dasar Kendaraan Beroda Empat ?

Cara Mengatasi Tarikan Mio J Lemot

Benang Tambal Ban Tubeless Terbaik