Ciri - Ciri Kampas Kopling Motor Habis
Kampas kopling motor habis - keberadaan kompling sangat penting pada sepeda motor, alasannya ialah fungsi kopling disini ialah sebagai pemutus dan menghubung putaran mesin ke potongan transmisi. Putaran mesin harus diputuskan hubungannya terlebih dahulu ketika kita akan melakukan akselerasi maupun deselerasi. Tanpa adanya komponen kopling ini sudah tentu anda tidak akan dapat mengoper gigi persenling.
Seiring penggunaannya cepat atau lambat kampas kopling motor pun akan habis dan perlu diganti dengan yang baru agar performa mesin motor serta tenaga mesin mampu tersalurkan ke roda dengan baik. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa ciri umum yang menunjukan bahwa kampas kopling motor sudah habis / aus yang diantaranya ialah sebagai berikut :
Sumber https://otomotiveku.blogspot.com/
Seiring penggunaannya cepat atau lambat kampas kopling motor pun akan habis dan perlu diganti dengan yang baru agar performa mesin motor serta tenaga mesin mampu tersalurkan ke roda dengan baik. Untuk itu anda perlu mengetahui beberapa ciri umum yang menunjukan bahwa kampas kopling motor sudah habis / aus yang diantaranya ialah sebagai berikut :
#Ciri kampas kopling motor habis / aus
1. Terjadi selip kopling
Ciri paling umum yang mampu menjadi menunjukan bahwa kampas kopling motormu habis ialah adanya selip pada kopling. Hal ini mampu terjadi alasannya ialah tenaga putaran mesin tidak mampu disalurkan dengan maksimal ke potongan transmisi motor walaupun tuas kopling sudah dilepas sepenuhnya. Gejala selip kopling akan sangat terasa ketika anda menggeber motor dengan kecepatan tinggi akan terdengar suara meraung raung dan tak dapat untuk berakselerasi dengan baik.2. Kopling kurang responsive
Gejala umum selanjutnya yang menunjukan bahwa kampas kopling motormu sudah aus adalah, ketika awal jalan meskipun kopling sudah dilepas motor tidak segera berjalan.3. speed motor menjadi berkurang
Karena kampas kopling motor aus dan slip, maka yang terjadi ialah tenaga yang dihasilkan mesin tidak mampu disalurkan dengan sempurna ke potongan transmisi alasannya ialah adanya loss di potongan kampas koplingnya. Karena hal inilah kecepatan motor mirip berkurang dan dibarengi dengan konsumsi bahan bakar yang boros dibanding biasanya.4. Mesin garang dan getar di kecepatan tinggi
Kopling yang slip dan tidak segera diganti akan membuat potongan kampasnya habis tergesek dan hanya menyisakan plat, yang nantinya akan saling bergesekan dengan fly wheel dan menimbulkan suara garang pada mesin dan bahkan bergetar.5. Susah oper gigi perseneling
Karena kampas koplingnya sudah aus dan selip, maka putaran mesin tidak mampu diputuskan dengan baik sehingga untuk mengoper gigi perseneling pun akan susah masuk walaupun tuas kopling sudah anda tekan hingga mentok grip motor.6. Suhu mesin cepat panas
Dalam kondisi normal kampas kopling hanya akan bergesekan ketika tuas kopling dilepas secara perlahan hingga dilepas full. Setelah tuas kopling dilepas full ukiran tadi seharunya tidak ada. Dan alasannya ialah ada potongan kampas kopling yang aus kemudian slip, ukiran yang seharusnya tidak terjadi ini akan terjadi secara terus menerus sehingga mampu menjadikan panas yang berlebih pada mesin.Baca juga : Tips mengatasi tuas kopling motor keras
#Penyebab kampas kopling habis
Penyebab kenapa kampas kopling ini dapat habis ialah dikarenakan faktor pemakaian, semakin sering kopling dioperasikan maka resiko kampas kopling menipis semakin besar. Terlebih lagi jikalau anda sering menggunakan teknik setengah kopling yang sering terjadi di jalanan yang macet, dalam waktu singkat pun kampas kopling akan segera habis.Tips agar kampas kopling tak cepat habis
Nah agar kampas kopling motor anda abadi dan tidak praktis aus, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan yang diantaranya ialah sebagai berikut :- Atur jarak bebas kopling ( minimal 2 - 4 mm ) dan lakukan penyetelan secara berkala.
- Hindari penggunaan setengah kopling ketika berkendara.
- Lakukan penggantian oli secara rutin sesuai rekomendasi bengkel.
- Gunakan oli pelumas sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dealer / bengkel resmi.
- Sebaiknya gunakan setelan jauh untuk tuas kopling motor.
Baca juga : Kelebihan kekurangan velg racing VS jari jari
Sumber https://otomotiveku.blogspot.com/
Comments
Post a Comment