Cara Kerja Mesin 2-Tak Dan 4-Tak


TEMPATNYA MENDAPAT INFORMASI SEPEDA MOTOR masih ingat artikel saya sebelumnya saya pernah menulis akan membahas wacana cara kerja sepeda motor 4 tak dan 2 tak atau kita kenal dengan mesin 4 langkah dan 2 langkah secara umum sangat simpel untuk membedakan jenis sepeda motor kita 4 tak
atau 2 tak, cara yang paling simpel ialah dengan melihat dari pembuangan gas kendaraan atau kenalpot sepeda motor.
read moree...

 jika motor 2 langkah akan mengeluarkan asap putih terus menerus bukan berarti rusak looh, berbeda dengan mesin 4 tak tidak akan mengeluarkan asap putih kalau mesin 4 tak mengeluarkan asap putih itu berarti ada kerusakan di dalam mesin mari kita lihat ulasan saya wacana cara kerja mesin 4 tak dan 2 tak.


kita  akan membahas satu persatu ya di mulai dari mesin 2 tak terlebih dahulu :

mesin 2 tak mempunyai sistem pelumasan yang berbeda dari mesin 4 tak dimana di mesin 2 tak oli mesin tidak akan sampai ke ruang torak penggagas alasannya ialah ada seal yang membatasi oli untuk mampu mencapai crankshaft dan melumasinya oleh alasannya ialah itu untuk pelumasan crankshaft tersebut mesin membutuhkan pelumas perhiasan atau yang kita kenal oli samping sebagai pelumasnya.

proses kerja mesin 2 tak ialah dimana proses langkah hisap dan langkah kerja, dalam satu langkah dan proses kompresi dan buang juga menjadi satu langkah, jadi disini ada dua langkah kerja untuk  empat proses yang terjadi hehehe bingung yaa memahaminya kalo orang awam akan sedikit kesulitan melihat gesekan pena saya di atas tadi.

Begini ketika bahan bakar di hisap oleh torak ketika itu juga sedang terjadi langkah kerja atau proses bergeraknya piston dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah) itu ialah yang seharusnya dua proses yang berbeda  tetapi untuk proses kerja mesin 2 tak, dua proses menjadi satu dalam satu langkah kerja

Kemudian proses berikutnya ialah proses langkah kompresi dan langkah buang yang menjadi satu proses, proses ini berawal dari TMA ke TMB ini juga dua langkah proses yang menjadi satu oleh alasannya ialah itu proses kerja mesin ini di sebut mesin 2 tak / dua langkah. Dikarenakan 4 proses langkah kerja menjadi 2 langkah kerja

Disini kita tidak membahas untung rugi mesin 4 tak dan 2 tak ya mampu gak selesai ini gesekan pena ampe beduk subuh ini ajah mata dah ngantuk waaaak waaaw.

Melihat lebih detail kedalam ruang pembakaran mesin 2 tak atau 2 langkah tetapi secara umum, ialah  dimana pada mesin ini
·   tidak adanya katup / valve (katup ibarat payung) untuk mengatur keluar masuknya bahan bakar  seperti mesin 4 tak.

·      Piston pada mesin 2 tak hanya mempunyai 2 ring ialah ring kompresi dan ring pembilas lupa bahasa jawanya apa ? he3x

·   Bentuk piston hanya mampu di jelaskan dengan gambar di bawah ya ? di kepala piston dengan bentuknya yang unik berfungsi sebagai pendorong gas buang yang tidak terpakai.


·     Tidak adanya rantai keteng sebagai penghubung crankshaft dengan nokenas alasannya ialah memang tidak ada ya ixixiixix ini seriuus tapi ya jangan di anggap becanda hanya lucu ajah jelasinya.

Terus kenapa mesin 2 tak mengeluakan asap putih sudah di singgung di atas di dalam crankshaft ada seal yang menghalangi oli mesin masuk keruangan tersebut oleh alasannya ialah itu di butuhkan oli samping sebagai pelumas ruang tersebut dan asap putih yang muncul terus menerus memang berasal dari oli samping yang bercampur bahan bakar  tadi ikut terbakar.

 cara kerja mesin 2 tak inilah yang menimbulkan asap putih itu muncul alasannya ialah pembakaran yang dilakukan bercampur dengan oli samping. Pedih kan ya mata rasanya kalo di belakang motor ini untung jenis motor ini sekarang sudah mengalami kemajuan teknologi, sehingga asap putih yang keluar sangat minim bahkan hampir tidak kelihatan looh itu lah hebatnya kemajuan teknologi ya

kemudian sekarang kit aakan membahas wacana mesin 4 tak atau 4 langkah:



mesin 4 tak ialah mesin dengan proses dimana langkah hisap, kompresi, kerja dan buang masing masing di kerjakan sendiri2 atau ful satu langkah kita memahaminya seeprti itu ajah yaa.

        Prose kerja mesin 4 tak ialah akan saya coab jabarkan dengan pemahaman saya yaa :

·        Langkah hisap ialah dimana piston bergerak dari TMA ke TMB proses ini juga terkait komponen klep in / valve in yang terbuka yang menimbulkan campuran bahan bakar dan udara terhisap kedalam ruang bakar kenapa mampu terbuka klep kerjanya di atur oleh noken as / camshaft comp, yang bergerak alasannya ialah di hubungkan oleh rantai keteng / chain cam dengan crankshaft.

·        Langkah kompresi sehabis langkah hisap berlangsung maka posisi piston berada di bawah maka piston akan melakukan lagi proses bergeraknya piston dari TMB ke TMA dan proses ini di namakan proses kompresi, ketika proses ini kedua klep in dan ex akan sama sama tertutup. Dan bahan bakar akan di mampatkan sepadat mungkin di ruang bakar.


·        Langkah kerja ialah dimana di simpulan langkah kompresi akan terjadi ledakan yang sangat dahsyat yang di picu oleh percikan api dari busi yang akan membuat ledakan mendorong piston dari TMA ke TMB proses ini lah yang dinamakan langkah kerja.

·        Langkah yang terakhir ialah langkah buang dimana prose ini ialah membuang gas sisa pembakaran yang tidak terpakai keluar mesin yang akan digantikan dengan bahan campuran bahan bakar yang baru lagi di proses ini piston bergerak dari TMB ke TMA mendorong gas disa hasil pembakaran.


Inilah mengapa mesin ini disebut 4 tak atau 4 langkah alasannya ialah setiap proses langkah berlangsung sempurna beda dengan 2 tak, Ini juga yang menjadi faktor kenapa kadang mesin 4 tak lebih irit pemakaian bahan bakar alasannya ialah tiap proses kerja berlangsung sempurna tidak ada bahan bakar yang terbuang sia sia dan memang power mesin 4 tak menurut saya lebih besar dari mesin 2 tak.

Ok kawaan kita sampai juga di simpulan penghujung gesekan pena ini, walaupun memang di sadari gesekan pena ini jauh dari kata sempurna tapi biar mampu menambah wawasan dan bermanfaat bagi yang membutuhkan mohon maaf kalau banyak salah dan kata alasannya ialah dilangit yang tinggi masih ada langit dan di bawah bumi masih ada lapisan bumi salam WWW.IDOKEREN.BLOGSPOT.CO.ID  nantikan artikel berikutnya ya . dan kalau ada pertanyaan silahkan comment  





Sumber https://idokeren.blogspot.com/
Sumber https://otomotiveku.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Karpet Dasar Kendaraan Beroda Empat ?

Cara Mengatasi Tarikan Mio J Lemot

Benang Tambal Ban Tubeless Terbaik